Breaking

    LightBlog

    Thursday 18 January 2018

    CARA MUDAH MEMPERBAIKI REBOOT AND SELECT PROPER BOOT DEVICE OR INSERT BOOT MEDIA IN SELECTED BOOT DEVICE PRESS A KEY

    Saat menghidupkan PC atau laptop tiba-tiba terjadi masalah yang membuat bingung. Bukannya booting seperti biasa melainkan monitor menjadi blank hitam dan mucul pesan Reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device press a key. Seperti gambar berikut


    Tidak perlu panik dan menekan key apapun di keyboard, Perlu di ketahui jika anda menekan key apapun pada keyboard itu tidak akan menyelesaikan masalah, malah bacaan Reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device press a key akan terus stiap anda menekan key pada keyboard, itu akan membuat anda semakin panik, coba untuk santai dan melakukan turtorial perbaikan dari saya.

    Beberapa Penyebab Kerusakan

    • Kesalahan pembacaan media saat booting, biasanya karena anda mencabutkan hdd atau saat menginstall Windows dan lupa mengatur urutan booting di BIOS.

    • Harddisk tidak terdeteksi akibat tidak terpasang dengan baik atau mengalami kerusakan

    • File Windows pada harddisk bermasalah atau rusak sehingga tidak dapat booting

    Cara Memperbaiki Masalah Reboot and Select Proper Boot Device

    1. Buka penutup cassing CPU, coba bersihkan pelan pelan debu yang menempel pada PC anda.

    2. Lakukan pemeriksaan terhadap kabel power dan kabel sata yang menyambung ke harddisk apakah masi layak di gunakan atau tidak.


    3. Lepaskan Harddisk dan bersihkan debu yang menempel pada harddisk. setelah di bersihkan jangan lupa untuk memasangnya kembali. *Harus berhati hati ya gan.



    4. Jika PC anda hidup setelah melakukan beberapa cara di atas, saya sarankan anda harus melakukan defragment disk. jika tidak silahkan tanggung sendiri resikonya, memang prosesnya cukup lama, tapi itu demi kebaikan PC anda.

    5. Jika langkah langkah sebelumnya gagal maka langkah terakhir adalah anda memformat dan menginstall ulang Windows anda dengan memanfaatkan CD atau Flashdisk jika saat melakukan instal ulang gagal pada saat partisi harddisk maka harddisk anda dapat di pastikan rusak 80%.

    Jika anda ingin melakukan instal ulang windows tapi tidak tahu caranya silahkan ikuti turtorial dari saya, CARA MUDAH MENGINSTAL WINDOWS 7 LENGKAP DENGAN GAMBAR

    No comments:

    Post a Comment