Breaking

    LightBlog

    Friday 29 December 2017

    TENTANG KIA MOBIL

    Nah, kali ini saya ingin membahas tentang KIA MOBIL, mungkin diantara anda yang berniat untuk membeli produk KIA tetapi sering dihantui oleh hal2 yang belum terjadi. Sehingga kemudian timbul banyak pertanyaan di benak anda? Itu semua wajar saja, sebagai calon pengguna kendaraan anda mungkin ingin merasakan manfaat dan kenyamanan tidak hanya ketika kendaraan baru keluar dari showroom tetapi jauh hari ketika mungkin kendaraan anda telah lama dipakai, bahkan mungkin sampai tahunan.


    Saya sebagai admin part sering ngobrol dengan marketing di KIA MOBIL, ya namnya juga satu atap, hehe dan mereka sering sekali mendapatkan pertanyaan yang diajukan calon pembeli dan itu wajar menurutnya, karena merupakan tugasnya sebagai Marketing Consultant untuk menjelaskan pertanyaan yang mungkin dasarnya dari keraguan terhadap produk KIA.



    Berikut pertanyaan-pertanyaan yang seringkali timbul terutama di pameran adalah : 
    *KIA PRODUK MANA MAS? 

    Buat bapak/Ibu yang belum tahu, KIA adalah mobil Made in KOREA aslinya pabrikan korea. setelah saya bilang bgtu kebanyakan reaksi orang menjawab : Oooooo (dengan panjang), Itu wajar kalo anda selama ini menggunakan produk Non Korea untuk otomotif. Tapi apa bapak/ibu perhatikan Dulu ketika produk Electronik  (Sony, Panasonic, dll) yang semula dirajai jepang dan eropa, perlahan-lahan digeser dan diganti oleh merk2 Samsung, LG dll... apa bapak/ibu memperhatikan bahwa sekarang ini produk electronik telah bergeser ke KOREA.


    Untuk lebih menyakinkan, KIA MOBIL masuk ke Indonesia sekitar tahun 97 akhir ketika KIA SEPHIA diambil alih oleh Tommy Soeharto Menjadi merek TIMOR jadi anggaplah 20 tahun ada di Indonesia.


    Tapi boleh liat perkembangannya,Saat ini KIA MOBIL populasinya di jalanan terutama kota besar sudah banyak penggunanya dan peringkatnya udah 10 besar untuk all produk dan 2 besar untuk kelas PICANTO dan RIO


    *KALO SAYA BELI KIA, PURNA JUALNYA GIMANA MAS?

    Masalah Purna Jual gak usah khawatir.Produk KIA saat ini sudah jauh diterima pasar dibandingkan 8 tahun kebelakang. Produk ALL NEW PICANTO yang tahun 2004 aja itu masih dihargain sekitar 70 jtaan.


    *BAGAIMANA MANA KALAU MOBIL SAYA MOGOK SAAT MALAM HARI ATAU JAUH DARI KERAMAIAN?

    Menurut saya itu bukanlah masalah yang besar, karna KIA sendiri memiliki pelayanan KIA GUARD 24 Jam, mekanik selalu ready kapanpun anda menelpon, tapi pastikan anda memiliki pulsa ya, hehe


    *SERVICE CENTRENYA DIMANA AJA MAS? SOALNYA SAYA TINGGAL DI LUAR KOTA?

    KIA memiliki diler resmi di tiap kota besar di Indonesia, bahkan sampai ke propinsi papua...so dont worry..


    *MASALAH SPAREPART GIMANA MAS? MAHAL YA? READY STOCK GA?

    SPAREPAT? KIA Genuine Part semua ga ada KWnya, (pokoknya ori dari trim sampai engine).

    HARGA? Bisa lebih murah ataupun lebih mahal tergantung jenis barangnya.

    KETERSEDIAAN? Untuk barang fast moving pasti ready stock, tapi untuk barang death stock itu harus indent, biasa sih 7 s/d 24 hari kerja. tapi kalau di KMI (KIA MOTOR INDONESIA) ex Jakarta mungkin mereka memiliki stock, tapi perlu di ketahui juga ya guys jika semua mobil kita stock seluruh bagian mobilny dari engine, bumper sampai rangka mesin. bisa di bayangkan kami butuh gudang sebesar apa? dan juga menurut info mobil lainnya, kalau bumper atau barang death stock harus indent.


    *KOK KIA DISCOUNT NYA KECIL YA? MERK “X”, “Y”,”Z” BISA NGASIH BELASAN JUTA YA, MALAH NYAMPE PULUHAN?

    KIA memang beda, dari belasan jenis merk yang ada di pasaran otomotif saat ini, Cuma KIA yang berani memasarkan mobil tanpa strategi discount atau cashback atau apapun istilahnya.

    Kenapa KIA berani? karena KIA memang mengedukasi customer bahwa produk laku, produk bagus ga selalu harus dengan harga tinggi lalu dibanting dengan harga discount.


    Teoritisnya begini : semua jenis KIA MOBIL mau PICANTO, RIO ataupun SPORTAGE itu adalah semi CKD (Completely Knock Down) dengan kandungan part yang 95% KOREA asli.


    KOREA – INDONESIA itu jauhnya kurang lebih 8000 Kman lebih jauh daripada Sabang – Merauke dan juga Lewat laut yang makan resiko banyak dan tanpa adanya perjanjian AFTA (bebas bea import) tapi kenapa harganya bisa ditekan lebih rendah?


    Itu karena KIA tidak mau membohongi konsumen , tapi malahan KIA mengedukasi konsumen di Indonesia bahwa produk otomotif yang bagus tidak selalu harus mahal dan produk yang laku tidak selalu harus dengan diskon.Karena justru produk yang bagus dan laku adalah produk yang benar-benar berkualitas dan diterima di masyarakat.



    Dari informasi di atas kita bisa menyimpulkan bahwa produk kia tidak kalah dengan produk eropa, jadi jangan terlalu khawatir membeli produk KIA, hehe saya bukan marketing ya hanya sekedar memberi informasi saja, jika ingin membeli mobil kia silahkan datang langsung ke dilernya. hehe
    Terimakasih telah menyempatkan waktu membaca Informasi tentang mobil kia... :) 

    No comments:

    Post a Comment